BKIPM Entikong Gagalkan Penyelundupan Dori Vietnam

0
144

Humas.id, Pontianak – Penggagalan penyelundupan ikan dori fillet beku asal Vietnam berhasil dilakukan Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Penggagalan tersebut dilakukan saat barang diterima dari Sarawak, Malaysia.

“Ikan dori fillet tersebut merupakan ikan beku asal Vietnam yang mana mengandung zat tripolyphospate yang melebihi ambang batas dan dapat membahayakan kesehatan konsumen,” ungkap Kepala BKIPM Entikong, MW Giri Pratikno pada Minggu (11/3).

Lebih lanjut, Giri menjelaskan, petugas BKIPM di PLBN Entikong, pada Sabtu (10/3) lalu berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ikan dori fillet dari Sarawak sebanyak 10 kilogram yang dikemas dalam kotak.

Ikan dori fillet dibawa masuk tanpa dokumen resmi. Selain itu, untuk mengelabui petugas di PLBN, pembawa menyamarkan ikan beku tersebut dengan ditutupi buah-buahan dan tas pakaian di bagai mobil pribadi.

“Pelaku memanfaatkan jeda waktu jelang tutup border, karena dianggap petugas lengah. Justru jelang tutup border petugas semakin teliti melakukan pemeriksaan antisipasi penyelundupan,” tambah Giri.

Setelah itu, pemilik ikan dori fillet beku warga Sekadau atas nama Sugianto sudah diberikan peringatan keras dan membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Adapun barang bukti berupa satu kotak ikan dori fillet beku diamankan di BKIPM Entikong. Giri mengaku masih ada kelemahan dalam mengawasi pemasukan produk dari MAlaysia terutama yang tanpa dokumen, baik itu barang bawaan penumpang maupun yang diselundupkan melalui jalur tidak resmi.

“Belajar dari kasus penyelundupan satu kotak ikan dori fillet asal Vietnam itu, jelas kami akan meningkatkan kembali pemeriksaan dan menggandeng aparat TNI maupun POLRI untuk memperkuat pengawasan baik di PLBN maupun di jalur tidak resmi,” tutupnya.

Masuknya produk dori Vietnam ini dihawatirkan dapat mengancam keberlanjutan bisnis patin lokal. Pasalnya dori Vietnam memiliki warna fillet ikan yang lebih pucat (putih) dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan patin lokal.

Tak hanya mengancam keberlanjutan bisnis patin lokal, rupanya dori Vietnam mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) Tripolifosfat jenis Sodium tripolyphosphate (STTP) sebagai penstabil yang melebihi standar. Hal ini dapat membahayakan kesehatan pengonsumsinya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here