Indonesia Inisiasi Pengembangan Kerja Sama ASEAN dengan Napoli

0
83
Delegasi Duta Besar ACR Bertemu Walikota Napoli

Humas.id, Napoli, Italia – Walikota Napoli, Luigi de Magistris, menyampaikan rasa bangga atas atensi negara-negara ASEAN terhadap kota yang dipimpinnya. Hal ini dikemukakannya pada saat menyambut Duta Besar negara-negara ASEAN untuk Italia, di Napoli (5/4)

“Wilayah Asia Tenggara merupakan kawasan yang sangat penting bagi pengembangan kerja sama pariwisata maupun perdagangan serta industri kerajinan tangan dan manufaktur. Peningkatan jumlah wisatawan negara-negara ASEAN yang berkunjung ke Napoli pada beberapa tahun belakangan ini semakin membuktikan hal tersebut. Oleh karena itu, kota Napoli merasa terhormat dengan adanya kunjungan dari Duta Besar negara-negara ASEAN ini”, jelas De Magistris. 

Pertemuan antara Walikota Napoli dengan Duta Besar negara-negara ASEAN untuk Italia ini dilaksanakan sebagai bagian kunjungan kerja ASEAN Committee in Rome (ACR) ke Napoli. Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani, mempimpin Delegasi yang terdiri dari Duta Besar Myanmar, Myint Naung, Duta Besar Filipina, Domingo Nolasco, Duta Besar Vietnam, Cao Chinh Thien, Duta Besar Thailand, Tana Weskosith serta Kuasa Usaha Sementara Malaysia, Zebine Nissa Sarfraz.

“Indonesia menginisiasi kegiatan ini guna mempererat hubungan yang selama ini telah terjalin dengan baik sekaligus menjajaki peluang peningkatan kerja sama antara negara-negara ASEAN dengan Italia, khususnya Napoli. Pemerintah Napoli dapat pula memanfaatkan pertumbuhan ekonomi kalangan menengah masyarakat di kawasan ASEAN yang tercatat sangat baik guna peningkatan kerja sama pariwisata”, demikian Dubes Esti dalam sambutannya. 

Selain mengadakan pertemuan dengan Walikota Napoli di Palazzo San Giacomo (kantor Walikota Napoli), para Duta Besar ACR juga bertemu dengan Ketua Kamar Dagang Napoli, Girolamo Pettrono, guna membahas peluang kerja sama ekonomi dan perdagangan. Dalam kesempatan tersebut, Dubes Esti menjelaskan tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN yang menjadi wadah pasar tunggal sehingga menciptakan iklim usaha yang lebih kompetitif dan efisien.

Delegasi juga berkesempatan mengelilingi Teluk Napoli guna meninjau Pelabuhan Napoli dari laut bersama Presiden Otorita Pelabuhan Napoli, Prof. Pietro Spirito, dan Komandan Pelabuhan, Laksamana Muda Arturo Faraone.

Kegiatan ditutup dengan kunjungan ke Universitas Federico II Napoli, salah satu universitas negeri tertua di dunia, untuk mencari peluang peningkatan kerja sama pendidikan tinggi antara universitas di ASEAN dan Napoli. Universitas Federico II merupakan lokasi Apple Developer Academy pertama di Eropa, dimana para pengembang perangkat lunak dan produk Apple memperoleh pelatihan khusus. 

Sebagai kota terbesar ketiga di Italia, Napoli semakin tersohor setelah menjadi lokasi syuting “Eat, Pray, Love” yang dibintangi Julia Roberts beberapa tahun silam. Dalam film produksi Hollywood tersebut, kelezatan pizza khas Napoli disandingkan dengan keindahan alam dan budaya Pulau Bali. Keberadaan situs arkeologi Pompeii di kaki gunung berapi Vesuvius yang dipercaya sebagai tempat berkumpul para dewa dalam mitologi Yunani dan Romawi serta keindahan pulau-pulau kecil di sekitar Pantai Amalfi semakin menambah daya tarik Napoli bagi wisatawan. 

Kota Napoli juga menjadi rumah bagi Universitas L’Orientale, satu-satunya perguruan tinggi di Italia yang memiliki program studi Sastra dan Budaya Indonesia. Banyak mahasiswa Italia dari universitas tersebut yang kemudian tertarik melanjutkan studi ke Indonesia. Di samping pendidikan, berbagai kegiatan promosi ekonomi dan sosial budaya Indonesia kerap pula dilaksanakan di Napoli dengan bantuan Konsul Kehormatan RI di Napoli, Giuseppe Testa, yang selama ini aktif berperan menjembatani kerja sama Pemri dengan Pemda dan masyarakat Napoli. 

Asosiasi ASEAN Committee in Rome sendiri merupakan satu dari 53 ASEAN Committee in Third Countries and International Organisations di seluruh dunia yang dibentuk guna meningkatkan kemitraan antara ASEAN dengan negara-negara penerima. Duta Besar Indonesia untuk Italia saat ini menjabat sebagai Ketua ACR yang beranggotakan Indonesia, Filipina, Malaysia, Myanmar, Thailand, Vietnam.

***
Siaran Pers ini dikeluarkan oleh Fungsi Penerangan KBRI Roma​

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here