Inilah Hal Wajib Dimiliki Bendaharawan Profesional Menurut Kemenag

0
59
Menag Lukman saat memberi paparan pada acara Diskusi Terbuka tentang Tantangan dan Program Strategis Kemenag di Tahun Politik, Senin (29/01/2018).

Humas.id, Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam mengemukakan empat hal yang perlu dimiliki oleh seorang bendaharawan profesional. Hal ini disampaikan Nur Syam saat membuka kegiatan Sertifikasi Bendahara Tahun 2018 di Jakarta, Senin (25/06).

Bendaharawan menurut Nur Syam adalah orang yang berada di garis terdepan dalam penyerapan dan pelaksanaan anggaran. Oleh karenanya,bendaharawan harus melakukan tiga hal, yaitu;selalu melakukan updating pengetahuan akuntansi pemerintah, updating tata laksana keuangan pemerintah, dan menjadi bendaharawan profesional.

Nur Syam memaparkan empat hal yang perlu dimiliki oleh bendaharawan profesional. Pertama, seorang bendaharawan harus memiliki pengetahuan standard mengenai akuntansi. “Pengetahuan standar ini artinya harus terukur,” jelas Nur Syam.

Sekjen Kemenag Nur Syam membuka kegiatan Ujian Sertifikasi Bendaharawan Kemenag Pusat di Jakarta. foto:furqon

Nur Syam berharap dengan dilaksanakannya proses sertifikasi, pengetahuan standar tersebut bisa diperoleh para bendaharawan Kemenag. “Meskipun bendaharawan di lingkungan Kemenag tidak memiliki latar belakang pendidikan ekonomi maupun akuntansi, tapi pengetahuan standar tentang akuntansi harus dimiliki,” imbuhnya.

Kedua, tiap bendaharawan profesional perlu memiliki kecakapan standar dalam pengoperasian aplikasi keuangan. Menurut Sekjen, penguasaan aplikasi diperlukan mengingat pengelolaan keuangan negara saat ini juga banyak menggunakan aplikasi.

Ia menekankan, setiap bendaharawan harus terus melakukan update informasi terkait dengan pengembangan aplikasi-aplikasi tersebut. Standar ketiga yang perlu dimiliki bendaharawan profesional adalah standar responsif.

“Artinya seorang bendahara harus dapat melakukan respon cepat terhadap perubahan-perubahan,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu respon cepat yang perlu diberikan oleh seorang bendaharawan antara lain adalah respon terhadap perubahan-perubahan peraturan atau regulasi. “Saudara-saudara harus paham dengan regulasi. Pengetahuan tentang regulasi harus diupdate,” pesannya.

Hal keempat yang perlu dimiliki oleh bendahawarawan profesional adalah integritas. “Ini kata kunci yang sangat penting,” tuturnya.

Seorang bendahara menurutnya adalah orang pertama yang menjadi pengendali awal dalam pengelolaan keuangan kementerian. Bendahara adalah orang-orang pertama yang menentukan kesuksesan penyerapan dan pelaksanaan anggaran.

“Integritas ini yang akan dilihat. Karena integritas yang akan menyelamatkan diri kita, menyelamatkan lembaga kita,” tandas Nur Syam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here