Mahasiswa UNPAD Bandung Akan Mewakili Indonesia pada Festival Seni Budaya di Jepang

0
213

Humas.id, Jakarta – Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Padjadjaran(Unpad) yang tergabung dalam Unit Pencinta Budaya Minangkabau(UPBM) Akan hadir memeriahkan Kagoshima Asian Youth Art Festival 2018, di Kota Kagoshima, Jepang pada 15 hingga 22 Oktober nanti.

Acara yang digagas Pemerintahan Kota Kagoshima ini akan menghadirkan berbagai kebudayaan bangsa-bangsa di Asia. Salah satunya ialah Budaya Minangkabau, Indonesia, yang akan dibawakan oleh kelompok UPBM ini.

Triana Bunda, Mahasiswi Jurusan Biologi Unpad selaku Koordinator Rombongan mahasiswa mengatakan, acara di Kagoshima adalah sebagai bentuk eksistensi diri bagi anak bangsa di mata dunia. Menurut Triana, saat ini, sudah mulai jarang anak muda yang peduli dan mampu menampilkan seni tradisi khas budaya bangsa. Sehingga, kesempatan untuk tampil di pentas tingkat dunia ini akan dimanfaatkan oleh mereka untuk kampanye peduli budaya nusantara.

“Ini adalah kesempatan emas buat kami untuk menunjukkan bahwa kita sebagai anak muda masih banyak yang peduli dengan budaya bangsa” ujar Triana menjelaskan.

Demi mempersiapkan penampilan yang optimal, Triana beserta rekan-rekannya telah melakukan persiapan sejak dua bulan terakhir. Berbagai rangkaian sesi latihan dan persiapan sudah mereka lakukan. Bahkan, unjuk penampilan pada beberapa acara publik seperti pada Dago Car Free Day juga sudah mereka lakukan.

“Kami telah melakukan persiapan hampir selama dua bulan. Awalnya kita kaget bercampur bangga diminta oleh pihak penyelenggara untuk mengisi kegiatan di Jepang ini,” ujar Triana saat memberi keterangan pers, di Warung Upnormal Cikini, Jakarta, Senin (1/10).

Sementara itu, Fikri Fadhilah, Mahasiswa Fakultas Geologi Unpad, selaku Ketua Umum UPBM mengatakan organisasi yang ia pimpin sangat mengapresiasi kegiatan seni budaya. Menurutnya, ajang di Kagoshima ini bisa menjadi wadah aktualisasi diri dalam mengenalkan salah satu kebudayaan Indonesia di negeri Sakura tersebut.

Disamping itu, Fikri juga ingin memotivasi anggotanya untuk tetap semangat dalam mengerjakan segala persiapan. Apalagi, jadwal keberangkatan sudah sangat dekat.

“Saya ingin teman teman UPBM memanfaatkan momen ini untuk menambah pengalaman, dengan saling belajar dan bertukar pikiran dalam hal budaya,” ujar Fikri menambahkan.

Selain sebagai ajang aktualisasi diri, kegiatan tersebut bisa menambah akreditasi organisasi UPBM sendiri karena ikut berkontribusi bagi Unpad dan Indonesia.

Kemudian Fikri berharap dukungan penuh dari semua elemen khususnya dari pihak rektorat Universitas Padjadjaran sendiri. Tidak hanya itu, Fikri juga sangat mengapresiasi dukungan dan juga bantuan dari para alumni yang ikut mendukung proses keberangkatan mereka.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pihak rektorat yang sudah memberikan izin dan juga alumni yang sudah memberikan dukungan moril dan materil. Semoga, dalam waktu yang tersisa ini kami masih bisa mengoptimalkan persiapan dan dukungan dari berbagai pihak lainnya,” Ujar Fikri berharap.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here