Tips Membersihkan Jok Mobil

0
186

Humas.id, Otomotif – Jok mobil adalah salah satu komponen penting dalam mobil, maka dari itu menjaga kebersihan jok mobil menjadi sangat penting karena jika jok mobil tidak bersih akan sangat tidak nyaman bukan? Untuk itu kita perlu memperhatikan kebersihan jok mobil agar mobil nyaman digunakan.

Apabila terdapat noda (tinta,bekas makanan dll) yang menempel , debu-debu yang berkeliaran sana sini tentu akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara.
Berikut cara untuk membersihkan jok mobil.

Persiapan Siapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan dalam melakukan pembersihan jok mobil seperti lap , cairan pembersih , vacuum cleaner (optional) alat-alat yang di gunakan di sesuaikan dengan bahan dari jok mobil masing-masing.

Membersihkan Jok

Setelah tahap persiapan selesai dan sudah siap selanjutnya adalah langsung membersihkan jok.
Penanganan jenis noda berbeda-beda tergantung jenis noda yang terdapat pada jok mobil maka dari itu kami akan menjelaskan penanganan jenis noda dan cara membersihkannnya :

Cara membersihkan noda tinta pada jok mobil

Caranya cukup mudah dengan menggunakan hair spray yang kemudian dicampur dengan air.
Kemudian semprotkan campuran hairspray dan air tersebut tepat diatas noda yang membandel di lap dengan kain lembab yang bersih. Lakukan berulang sampai tinta tidak ada lagi , lap dengan lap kering dan jok mobil pun sudah bersih.

Cara membersihkan noda minyak dan lemak

Untuk noda yang satu ini perlu di lakukan penanganan khusus dengan cara mencampurkan pengencer cat dengan air.
Dengan takaran 1:1 atau takarannya sama , antara cat dan air mempunya nilai yang sama.
Setelah tercampur maka gosokan cairan pada jok yang terdapat noda minyak dan lemak ( sisa makanan/minuman ) hingga bersih setelah bersih ambil vacuum dan hisap debu dan sisa minyak atau lemak.

Cara membersihkan noda kopi

Untuk jenis noda seperti kopi caranya mudah hanya encerkan noda kopi dengan air dingin dan serap nodanya dengan handuk kertas hingga bersih tidak ada lagi noda kopi yang tersisa pada jok mobil otolovers.

Untuk sekedar tips gunakan selalu metode serap untuk mengangkat noda , jangan gosok noda kopi atau noda tersebut akan meresap semakin dalam ke jok mobil otolovers.

Jika noda kopi masih tampak, gosok jok dengan cairan pencuci piring lalu bilas dengan air hangat.
Serap wilayah itu sekali lagi dengan handuk kertas. Keringkan dengan pengering rambut atau vacuum cleaner. Tahan alat pengering rambut atau vacuum cleaner setidaknya beberapa sentimeter di atas noda agar jok tidak gosong

Cara membersihkan noda muntah

Jika terdapat noda muntah yang berasal dari otolovers atau penumpang lain maka segeralah bersihkan noda tersebut agar tidak meresap ke dalam jok atau lantai.
Bersihkan sisa muntahan kemudian encerkan nodanya dengan air dingin , basuh sisa muntah dengan air hingga tidak terdapat lagi sisa noda muntah. Tambahkan cairan sabun dan juga parfum agar interior mobil anda berbau wangi dan juga nyaman.

Cara membersihkan Jok Kulit

Tipikal jok kulit membutuhkan perawatan yang lebih hati-hati ketimbang jok jok berbahan lainnya misalnya vinil atau tenun dikarenakan jok kulit cenderung lebih rentan luntur dan menua, maka lebih hati-hati dalam perawatannya.

Nyalakan pemanas mobil , jok kulit yang berbahan utama kulit akan bereaksi terhadap panas dan tentunya akan lebih menerima pembersih serta perawatan pada suhu yang hangat , maka nyalakan lah penghangat mobil agar proses pembersihan jok kulit dapat lebih mudah.

Untuk noda pada jok kulit yang membandel lakukan pra perawatan dengan menggunakan kondisioner , oleskan pembersih noda khusus kulit pada noda yang membandel dan gosok lah perlahan hingga noda membandel hilang.

Gunakan pembersih yang mempunyai kekuatan untuk membersihkan jok kulit dan tidak merusak jok kulit , misalnya Turtle Wax Luxe Leather Cleaner & Conditioner Spray dan Lap TURTLE WAX MICROFIBER POLISHING & BUFFING TOWEL agar hasilnya maksimal.

Sekian tips dan cara membersihkan jok mobil, semoga bermanfaat dan tentunya jagalah kebersihan mobil anda agar tetap nyaman untuk berkendara.

By : Erika Setia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here